Ketemu OSPF

Memang terjadi, ketika kita suka dengan sesuatu akan terus ada dipikiran. Salah satunya dalam sebuah kegiatan nge-LAB (red: Belajar Sendiri) tentang OSPF Multi Area dengan Virtual Link sampai kebawa mimpi dengan alur yang gak jelas mulai dari mana dan akan berahir dimana. Sedikit untuk mengingatkan mungkin tulisan ini akan dibaca dikemudian hari ketika saya lupa dengan apa yang pernah saya lewati dalam hal belajar.

OSPF, merupakan salah satu routing protocol dynamis yang mengijinkan router-router untuk saling bertukar informasi routing antar jaringan berdasarkan link-state protocol sering digunakan untuk network yang sudah besar, dimana seorang NE tidak akan berbelit ngurusin masalah routing, cukup dengan dynamic routing ini OSPF mampu memberikan jalur untuk mencapai sebuah tujuan dengan rute terbaik menurutnya. Link-State Database (LSDB ; topologi database) dibentuk oleh sebuah Link-State Advertisement (LSA) dimana LSA berisikan informasi routes.

OSPF memiliki 2 layer hierarki berdasakan area, yaitu area Backbone (area 0) dan area Reguler (non-backbone). Area 0 biasa disebut dengan transit area karena backbone ini memiliki banyak jalur untuk menuju ke area lain dan inter area harus melewati area 0.

OSPF
Area 0 – Backbone Area ; R1_R3 – Area Broder Router ; R5_R6_R7 – Internal Router ; R1_R3_R7 – Backbone Router #NixtrainOSPF

OSPF menggunakan cost sebagai matric yang digunakan, dimana matric terkecil/terendah akan menjadi nilai terbaik karena algoritma dari OSPF ini menggunakan djikstra. Best Route dari OSPF ini menggunakan link cost (bandwidth), OSPF memiliki administrative distance 110 dan menggunakan Multicast IP Address 224.0.0.5 & 224.0.0.6 untuk share informasi LSDB.

 

 

Advertisements

Author: admin@khsnndzf

Good People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s