Advanced Configuration KingType EW45

Setelah sebelumnya dapat mengkonfigurasi dasar pada modem KingType EW45 dari BiznetHome di artikel ‘Konfigurasi Modem Wifi Biznet KingType EW45’  sekarang mencoba untuk konfigurasi level keduanya agar Modem Wifi yang anda gunakan lebih sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Adapun garis besar pada artikel ini yang akan dibahas adalah DoS Protection, Access Control, Advaced Wireless dan Advanced Network.

  1. DoS Protection
    Hal ini memungkinkan Anda untuk mencegah router anda  dari serangan Denial of Service (DOS). DoS dapat diperiksa berdasarkan kebutuhan spesifik anda, antara lain:
    Icmp Echo
    Fraggle
    Echo Chargen
    IP Land
    Port Scan
    TCP Flags: Set “SYN FIN”
    TCP Flags: Set “SYN RST”
    TCP Flags: Set “FIN RST”
    TCP DoS
    Untuk mengaktifkan fitur DoS ini sebelumnya anda pastikan untuk ceklis pada Enable Attack Prevent, kemudian ceklis parameter diatas sesuai dengan yang anda butuhkan.
  2. Access Control
    • Mac Filtering
      Mac Filtering digunakan untuk mengontrol akses jaringan berdasarkan alamat Mac Address dari adapter jaringan. Sebuah alamat MAC adalah ID unik yang diberikan oleh produsen adapter jaringan. Fitur ini dapat dikonfigurasi untuk Mem-Block akses jaringan / internet.
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis Enable MAC Filtering kemudian muncul tabel Mac Filtering List, Klik Add untuk menambahkan Mac Addres, dan Isikan Mac Address beserta Comment yang manandai mac address tersebut yang akan di blok untuk akses jaringan melalui modem anda.
    • DHCP Filtering
      Fungsi DHCP Filtering termasuk Static IP dan Black listStatic IP adalah untuk mengikat alamat MAC ke alamat IP, jadi pemilik mac yang terdaftar di White List tabel akan selalu mendapatkan ip dhcp dari modem tidak akan berubah-ubah. Black list tabel berisikan registered mac address yang tidak akan pernah diberikan ip dhcp dari modem.
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis Enable DHCP Filterkemudian untuk menambahkan ke daftar White list, klik Add dibawah tabel, masukkan  IP address yang masih dalam jangakauan Pool address dan sertakan Mac Addresss. Untuk menambahkan daftar black list juga sama, klik add dibawah table black list, masukkan mac address yang akan diblock.Access Control.
    • IP Filtering
      Fungsi dari IP Filtering ini adalah untuk melakukan blocking access internet berdasarkan IP address yang di didapatkan dari dhcp server, konsep ini hampir sama seperti Mac Filtering.
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis Enable IP Filteringkemudian untuk menambahkan ke daftar IP Filtering List, klik Add dibawah tabel, muncuk form IP Filter, masukkan IP address yang akan di blok aksesnya, pilih protocol yang akan di block (tcp/udp/both) dan terahir masukkan remark / keterangan ip tersebut.
    • Port Filtering
      Fungsi dari Port Filtering ini adalah untuk melakukan blocking access internet berdasarkan Port dan protocol yang akan dituju, konsep ini hampir sama seperti Mac Filtering dan IP Filtering cuman ini lebih mengarah ke aplikasi/sistem tertentu yang ketergantungan menggunakan port dan protocol.
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis Enable Port Filtering kemudian untuk menambahkan ke daftar Port Filtering List, klik Add dibawah tabel, muncuk form Port Filter, masukkan Port range yang akan di blok aksesnya, pilih protocol yang akan di block (tcp/udp/both) dan terahir masukkan remark / keterangan port tersebut.
    • URL Filtering
      Fungsi URL Filtering ini memungkinkan Anda untuk memblokir situs-situs tertentu. Jika diaktifkan, situs yang tercantum di sini akan ditolak akses ke klien yang mencoba untuk menelusuri website tersebut.
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis Enable URL Filtering kemudian untuk menambahkan ke daftar URL Filtering List, klik Add dibawah tabel, muncuk form URL Filter, masukkan URL yang akan di blok aksesnya, dan terahir masukkan comment / keterangan URL tersebut.
  3. Advanced Wireless
    Pada menu ini, sub menu Advaced (Advaced Wireless > Advaced) sudah dibahas pada artikel sebelumnya untuk konfigurasi nama SSID. Yang akan dibahas disini adalah Acess Control (Advaced Wireless > Access Control).
    Access control disini untuk memberikan access client pada Wireless SSID yang telah anda buat sebelumnya, Access control mode merupakan konfigurasi paling utama disini, karena ini akan mempengaruhi dari pengaturan access control yang anda buat. Mode Allow: menandakan bahwa semua yang terdaftar pada tabel WLAN Filter List dapat terhubung ke Wireless SSID yang dipilih. Mode deny: menandakan bahwa semua yang terdaftar pada tabel WLAN Filter List tidak dapat terhubung ke Wireless SSID yang dipilih.
    Untuk menambahkan data pada tabel WLAN Filter List, klik Add dan masukkan Mac Address WLAN Client kemudian isikan Comment untuk menandai / keterangan pada mac adrress tersebut.Klik Apply untuk menyimpan data Mac Address client.
  4. Advanced Network
    • ALG (Aplication Layer Gateway)
      Fungsi ALG adalah untuk membatasi akses client dalam menggunakan aplikasi tertentu yang membutuhkan jalur khusus, adapun pada seri modem ini fitur ALG yang dapat anda pakai sebagai berikut :
      TFTP Pass Through
      FTP Pass Through
      PPTP Pass Through
      RTSP Pass Through
      L2TP Pass Through
      H323 Pass Through
      SIP Pass Through
      IPSEC Pass Through
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis pada aplikasi yang ingin ada lewatkan, dan klik Apply untuk menyimpan konfigurasinya.
    • DMZ (DeMilitarized Zone)
      Fungsi DMZ adalah fitur untuk memungkinkan perangkat dibalik modem untuk diakses dari internet. Perangkat yang dimaksud bisa berupa server, IPcamera, atau perangkat apapun yang bisa diakses lewat jaringan.
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis Enable DMZ kemudian pilih WAN Connection, masukkan IP Server/Camera/yang lain yang akan diakses dari jaringan internet dan terahir klik Apply untuk menyimpan konfigurasinya. Misal digunakan untuk Web Server, untuk mengaksesnya tinggal masukkan IP Public modem pada browser, otomatis akan diarahkan ke Web server yang ada dibelakang modem anda.
    • QoS (Quality of Service)
      Fungsi QoS pada modem seri ini hanya untuk memberikan limitasi bandwidth pada jaringan lan.
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis Enable LAN QoS kemudian pilih Priority (High/Low), Ceklis Flow Control, Pilih kapasitas Incoming Rate Limit untuk membatasi akses download dan Ougoing Rate Limit untuk membatasi akses upload dan terahir klik Apply untuk menyimpan konfigurasinya.
    • Static Routing
      Fungsi static routing disini hampir sama seperti router-router yang lain, yaitu fitur untuk menentukan jalur khusus untuk mencapai tujuan dengan cara manual konfigurasi.
      Untuk menambahkan rute khusus pada fungsi ini dengan cara klik Add akan muncul Form Static Route Add,  masukkan Destination Network Address sesuai, isikan Used Gateway IP Address alamat ip gateway (next hope) untuk menu dan terahir pilih Used Interfacei untuk memilih pada interface mana static route ini akan diterapkan. Klik Apply untuk menyimpan konfigurasinya.
    • Virtual Server
      Fungsi Virtual server untuk memungkinkan pengguna internet agar dapat mengakses FTP dan layanan lainnya yang berada dibelakang Router NAT Anda. Fitur ini hampir sama degan DMZ namun ada kelebihannya yaitu jika menggunakan DMZ hanya ada 1 web server yang dapat diakses melalui ip public router, sedangkan virtual server bisa lebih dari 1 karena dipisahkan berdasarkan port dan protocol yang digunakan.
      Untuk mengaktifkannya cukup ceklis Enable Virtual Server kemudian klik Add untuk menambahkan Virtual Server Filtering. Pilih interface WAN yang akan digunakan sebagai remote address, masukkan range port WAN yang digunakan akan diakses dari WAN, pilih Protocol yang digunakan (TCP/DP/Both), Masukkan IP Address server yang ada dijaringan LAN, masukkan port dari server yang akan diakses, kemudian isi remark untuk menandai / keterangan dari virtual server filter yang dibuat dan terahir klik Apply untuk menyimpan konfigurasinya.
Advertisements

Author: admin@khsnndzf

Good People

21 thoughts on “Advanced Configuration KingType EW45”

  1. router saya kok tidak bisa di buat portforwarding?. saya mau portward CCTV, BackupDrive, TeamSpeak Server, WEB Server.
    saya sudah mencoba menggandi DNS nya tapi tambah internet nya mati DNS yang bisa hanya DNS nya Biznet.
    Sudah saya cek local ip address dan port nya tapi masih tidak bisa.
    saya sudah coba matikan FireWall saya tapi masih tidak bisa.
    saya mencoba mematikan FireWall di router saya tapi tidak ada.
    Saya sudah mencoba menghubungi Biznet tapi tidak ada hasil nya.

    tolong bantuanya. agar saya tidak butuh beli Roter

    Like

    1. terimakasih telah berkunjung,

      Betul, untuk berlangganan biznet port dns hanya allow dns nya dari biznet sendiri karena alasan Internet Sehat.
      Apa bisa di share konfigurasi dan atau topologi yang diterapkan?

      Like

      1. jadi untuk remote menggunakan DNS lain tidak bisa ya ? solusi untuk remote dari luar jaringan bagaimana yah ? terimakasih sebelumnya

        Like

    2. Ane udah coba mode bridge modem nya ke router TPlink yg support PPPoe terus ane dial di tplink nya udah connect, bikin port forwarding list nya di virtual server untuk cctv,FTP dll terus masukin akun ddns nya status udah connect tapi setelah cek port statusnya closed,kenapa ya?

      Like

  2. Hi yudki,

    karena policy nya jadi tidak bisa menggunakan dns selain dari dns biznet, Karena agan yudki menggunakan layanan home dimana alokasi ip nya menggunakan ip private dynamic maka untuk remote dari luar jaringan belum bisa menggunakan modem ini, ada solusi lain dengan upgrade ke layanan Biznet Home Combo 3 (untuk rumah/apartemen) atau Layanan Metronet 2,3,4,5,6 (untuk SOHO) dia sudah mendapatkan IP Public Dynamic coba menggunakan router mikrotik, router kingtype ini dijadikan bridge saja kemudian aktikan fitur IP Cloud di mikrotik,

    Terimakasih,

    Like

      1. Hii Rayga,

        Maaf sebelumnya saya salah komen diatas, untuk cloud mikrotik tidak bisa pakai ip private dari ISP. Harus IP Public meskipun dynamic.
        Terimakasih sebelumnya.

        Like

    1. Selamat malam.

      Kalau sering RTO Request Time Out coba pastikan terlebih dahulu signal bagus dan jangkauan device ke router tidak terhalang tembok. Letakan router pada posisi yg baik sesuai arahan biznet.
      Dan terahir pastikan untuk channel wifi tidak ada interference wifi lain disekitar router tsb.
      Kalau gangguan diatas sudah oke.coba restart perangkat routernya.

      Terimakasih

      Like

  3. Mas mau nanya,
    biznet saya support dynamic ip public. Karena dari biznet menyediakan kabel coax maka dikasih biZnet king type seperti yg dibahas di web ini. Ada menu untuk membuat ddns nya g ua di rputer bawaan biznet? Misal memakai no-ip atau dyndns? Mohon info ya mas

    Like

    1. Hi Didik

      Sejauh yg pernah saya pakai. Belum suppot untuk dynamic ip public diakses dari luar ke perangkat ini. Sedangkan untuk static ip bisa, silahkan cek di artikel advanced configure di blog ini.

      Thanks.

      Like

  4. Saya langanan biznet mendapat ip public dynamic dan dapat modem kingtype ew45 seperti subjek web ini. Saya mau nanya di modem ini apa ada fasilitas untuk Konfigurasi dynamicDNS atau no-ip nya.?

    Like

    1. Hi Wido

      Sebelah kanan power itu indikator “link” apabila nyala berarti modem terhubung baik dengan distribusinya. secara fisik kabel terhubung.

      Thanks

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s