Wisata Alam Curug Bojong Koneng (Bidadari) Bogor Jawa Barat

Berawal dari iseng-iseng cari wisata alam buat refreshing menghilangkan penat di badan setelah seminggu capek kerja, dapetlah dari beberapa gambar dan hanya tertuju ke Curug Bidadari. Untuk posisinya kira-kira 50KM dari Jakarta dan lumayan capek juga untuk menuju lokasi dan lebih tepatnya bisa cek map dibawah

Akses nya cukup mudah dan asyik sampai Sentul Paradise Park, namun setelah masuk jalan desa sungguh tidak layak ini dijadikan sebuah tempat wisata, dimana pada website resmi ‘wisata jabar’ menjelaskan bahwa harga tiket masuk di weekend mencapai 40.000/orang pandangan orang ini tempat dan aksesnya pasti enak dan mudah dijangkau.

Berawal keraguan ketika akan memasuki akses ke curug, sudah dimintai retribusi sebesar 5.000 untuk sepeda motor dan 10.000 untuk mobil, namun janggalnya disini tidak diberikan tiket retribusi yang saya bayarkan, Kemudian lanjut menyusuri jalan berbatuan (gak layak ini jalan akses wisata) diikuti beberapa warga menggunakan sepeda motor dengan knalpot bobokan, ditengah jalan ada oknum warga pasang kursi ditengah jalan dengan meminta retribusi lagi namun disini hanya seikhlasnya alias tidak mematok tarif seperti diawal sebelumnya, semakin ragu karena si oknum warga masih ngikutin sampai di tengah-tengah jalan mereka menghentikan kendaraan beberapa wisatawan dan meminta tiket masuk per orang 30.000, kemudian saya coba negosiasi bahwa kalau memang sekarang tidak dikelola dinas pariwisata Kabupaten Bogor dan diambil alih oleh warga sendiri saya minta tiket masuk, dengan dalih masih baru pertama dikelola warga tiket pun belum ada kata si oknum warga tersebut, lanjut saya minta untuk pembayaran tidak di tengah jalan melainkan di bawah (sudah kelihatan ada parkiran) si oknum warga pun mengelak untuk bertransaksi dibawah, akhirnya si warga kalah debat sama cewe sya dan kita dibiarkan saja untuk masuk ke parkiran wisata.

Masih berlanjut setelah sampai di parkiran Curug Bidadari ini kita diminta tiket masuk retribusi oleh tukang parkir, didebat lagi sama cewe sya kalau sepanjang perjalanan kok banyak yg minta retribusi ke wisatawan dan oknum warga tidak ada satupun yang kasih tiketnya, akhirnya tukang parkir hanya meminta bayar parkir dengan dalih kalau dia hanya jaga motor dan helm wisatawan saja, disini juga janggal masing-masing motor tarifnya berbeda, karena saya pakai Plat luar kota dikenakan 10.000 sedangkan yang lain masih Plat F dan B cuma dikenakan tarif 5.000 tapi saya relakan saja.

Next cari-cari pemandangan bagus, spot untuk refreshing pikiran disini gak banyak, hanya pada satu titik curug yang dikelilingi bebatuan besar saja.

IMG_20160605_103531_panorama

Saran saya untuk yang ingin bermain air, jangan lupa pakai sunblock, karena meskipun udara sejuk dan air sangat dingin, sejatinya sengatan matahari sangat panas dan bisa bikin kulit jadi iritasi (terbakar).

Setelah mendapatkan spot asik buat mainan air terjun (curug), siap-siap buat ganti baju, dan coba tanya ke penjaga penitipan barang, gilaak sewanya 20.000 per kotak bro, ini kotak lokernya sudah kecil kotor pula, akhirnya mending simpen sendiri aja 😀

Sensasi mainan air langsung dari grujugan (curug) itu enak banget loh, kaya dipijet-pijet relaxasi badannya, tapi jangan sampai langsung kena mata atau kepala bagian belakang bawah, itu pusing banget broo, dan buat kamu yang gak kuat dingin, jangan lama-lama deh berendem di dalam air yang dari tumpahan grujugan, bakal kisut bro 😀

IMG_20160605_104754

Menurut informasi yang saya dapat, Curug Bidadari ini memiliki ketinggian 40 M, sebenernya dilokasi ada penyewaan ban pelampung baik yang single maupun double, tapi ini gak rekomen deh buat kalian yang udah dewasa, karena kolam renang yang dibuat modern dibelakang batu besar ini sangat dangkal dan hanya buat mainan anak-anak, ada juga wahana kolam arus, yang mana airnya didapat dari aliran kolam penampung di curug langsung. Ada juga wahana Flying Fox namun sudah tinggal nama (tidak beroperasi lagi) :), ada juga perahu tangan yang ini capek yakin kalo kita ngayuh pake tangan ya meskipun cuma area kolamnya gak terlalu gede juga sih.

IMG_20160605_132813_panorama

Sekian dulu share pengalaman refreshing di Curug Bojong Koneng  alias curug bidadari. Saran saya buat Pemerintah Kabupaten Bogor khususnya Dinas Pariwisata, ini tempat wisata sebenernya bagus banget dan sangat menarik perhatian wisatawan khususnya disekitaran Jabodetabek, karena banyak orang ingin refreshing sejenak ditempat yang sejuk seperti ini, namun perlu diketahui, pengelolaan yang buruk seperti ini justru akan membuat wisata ini ditinggalkan, saya yakin yang sudah pernah datang kesini pasti enggan buat kembali apalagi rekomendasiin ke teman-teman kantor. Akses jalan menuju parkiran curug perlu diperbaiki, sepanjang perjalanan pulang sya temui 2 mobil masih baru mogok karena kejebak batu dijalanan dan satunya lagi mesin kepanasan.

Advertisements

Author: admin@khsnndzf

Good People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s