[Free Ebook] MPLS Dasar & L3-VPN

Ditulis oleh : M Danu Wiyoto, S. Kom, CCIE #48413 *Bahasa Indonesia

Advertisements

Gambaran MPLS dan L3 VPN

MPLS L3VPN
source:3mprit39.blogspot.com

Menurut mbah wikipedia

Multiprotocol Label Switching (disingkat menjadi MPLS) yaitu adalah teknologi penyampaian paket pada jaringan backbone berkecepatan tinggi. Asas kerjanya menggabungkan beberapa kelebihan dari sistem komunikasi circuit-switched dan packet-switched yang melahirkan teknologi yang lebih baik dari keduanya. Sebelumnya, paket-paket diteruskan dengan protokol routing seperti OSPF, IS-IS, BGP, atau EGP. Protokol routing berada pada lapisan network (ketiga) dalam sistem OSI, sedangkan MPLS berada di antara lapisan kedua dan ketiga. 

Prinsip kerja MPLS ialah menggabungkan kecepatan switching pada layer 2 dengan kemampuan routing dan skalabilitas pada layer 3. Cara kerjanya adalah dengan menyelipkan label di antara header layer 2 dan layer 3 pada paket yang diteruskan. Label dihasilkan oleh Label-Switching Router dimana bertindak sebagai penghubung jaringan MPLS dengan jaringan luar. Label berisi informasi tujuan node selanjutnya kemana paket harus dikirim. Kemudian paket diteruskan ke node berikutnya, di node ini label paket akan dilepas dan diberi label yang baru yang berisi tujuan berikutnya. Paket-paket diteruskan dalam path yang disebut LSP (Label Switching Path).

Dan Menurut saya tata bahasa pada ebook ini mudah dimengerti khususnya untuk newbi seperti saya karena langsung praktik, berikut daftar isinya :

Daftar Isi MPLS Dasar

Biar gak penasaran, langsung saja download ebook disini, Sharing is Caring 🙂

Author: admin@khsnndzf

Good People

5 thoughts on “[Free Ebook] MPLS Dasar & L3-VPN”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s