Kriteria tenaga kerja apa yang dibutuhkan Perusahaan?

Facebook post by Andi Riza 13/9/16 at 6:29am

Advertisements

Ini saya contohkan kalo saya cari karyawan atau mencarikan karyawan untuk perusahaan/instansi lain.

Pertama, saya cari yang bisa kerja. Jadi saya ga peduli itu anak bisa silat, karate, sulap, akrobatik, atau ngetik cepat sambil merem, yang penting kalo kerjaan masang kabel jaringan, saya dapat karyawan yang bisa pasang dengan baik, kalo kerjaan setting router/server, saya dapat karyawan yang bisa cara settingnya, kalo ada kerjaan bikin software, saya dapat programmer yang bisa bikinnya bukan yang cuma bisa nulis “Hello World”. Tidak perlu pamer sertifikat atau ijasah, tes langsung adalah satu-satunya pembuktian skill yg sebenarnya.

Kedua, saya cari yg punya pengalaman karena karyawan yg berpengalaman kerja, lebih handal menghadapi situasi dinamis di lapangan. Kalo fresh graduate gimana donk? Saya lihat dia magang dimana dulu. Kalo sekedar cari tempat magang asal yg dekat dan magang dianggap hanya formalitas memenuhi syarat akademis, berarti anak ini malas dan tidak ada semangat untuk maju berkembang.

Ketiga, kemampuan bekerja dalam tim/kelompok. Saya ingin karyawan yg mampu berkomunikasi dan koordinasi dalam tim. Percuma pintar kalo bisanya ‘one man show’, dan tidak mampu bekerjasama dengan rekan-rekan yang lain.

Keempat, rekomendasi dari rekan lain yang saya percaya. Biasanya orang yang mampu bekerja dengan baik akan direkomendasikan oleh orang lain. Karena saya baru kenal calon karyawan, maka rekomendasi positif dari teman yang saya percaya kemampuan dan integritasnya, adalah hal yang penting, karena rekomendasi sama dengan jaminan mutu.

Kelima, kalo ga dapat yang lokal, ehm… kayanya dari India sudah antri tuh. 😀

Pragmatis? Iya itulah realita bisnis, kalo belum paham, bangun donk…!
Pengangguran meningkat terus kok masih tidur.

 

See Profile

Author: admin@khsnndzf

Good People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s