Cara Bypass Koneksi Modem HFC Biznet

Biasanya untuk memastikan User ID PPPoE dari biznet apakah terkendala atau tidak bisa dilangsungkan dial up dari laptop. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan bypass. Selain untuk memastikan User ID PPPoE biznet bisa juga untuk test pembuktian bandwidth yang di sewa.

Adapun cara bypass dial up dari laptop yang perlu diperhatikan adalah :

  • Pastikan modem terhubung dengan baik (indikator power dan link nyala), artinya indikator link nyala berarti uplink kabel coaxial sudah terhubung baik di port RF In
  • Pastikan memiliki laptop/pc yang support Lan card dalam keadaan normal
  • Siapkan kabel UTP bawaan dari modem (straight) untuk menghubungkan modem dengan laptop/pc

Sebelum melakukan bypass koneksi, fungsikan modem kingtype (Modem HFC Biznet) sebagai bridge, artinya modem ini tidak akan melakukan dial dan broadcast ssid hanya melewatkan saja. Untuk setting modem menjadi bridge cukup mudah, masuk halaman konfigurasi modem jika belum tahu caranya bisa cek artikel Konfigurasi Modem Wifi Biznet KingType EW45.

bridge

Dari gambar diatas, masuk menu Setup->Internet Setup centang untuk Enable Wan jika sebelumnya connection type nya PPPoE rubah menjadi bridge. Abaikan yang lainnya dan klik tombol Apply dibawah untuk menyimpan konfigurasinya.

Langkah selanjutnya adalah colok kabel utp yang sebelumnya buat setting bridge ada di port kuning (lan) sekarang dipindah ke port #1 hitam (wan) dan buat koneksi baru untuk dial pppoe (broadband) di laptop/pc, disini saya menggunakan windows 7, jika laptop/pc anda menggunakan selain windows 7 bisa cari di google banyak dengan keyword ‘cara membuat koneksi dial up di [nama operating system]’.

  • Masuk ke Network and Internet -> Network and Sharing Center. Pilih Set up a new connection or network
    Setup new connection.png

 

  • Pilih tipe koneksi nya, karena akan membuat koneksi Broadband pilih Connect to the Internet. Klik Next
    choose a connection.PNG

 

  • Jika muncul tampilan bahwa anda sudah terkoneksi dengan jaringan lain, silahkan pilih Set up a new connection anyway
    setup connection anyway.PNG

 

  • Pilih No, create a new connection  karena disini kita baru akan membuat koneksi Broadband (pppoe)
    create new.PNG

 

  • Pilih Broaband (PPPoE)
    Broadband PPPoE.PNG

 

  • Masukkan username dan password yang telah diberikan biznet, centang show characters untuk melihat password yang kita masukkan dan centang remember this password untuk menyimpan password yang dimasukkan sehingga ketika nanti akan dial broadband pppoe tidak perlu masukkan password lagi dan terahir connectin name kita namakan Bypass Biznet untuk memudahkan dilangkah selanjutnya. Klik connect.
    ISP Info.PNG

 

  • Berikut loading page ketika akan terhubung dengan baik, bisa langsung klik skip dan langsung cek koneksi internetnya.
    success

 

  • Ada 2 yang perlu diperhatikan saat kita klik connect pada tahap sebelumnya, yaitu akan muncul error 651 artinya secara koneksi modem tidak terhubung baik dengan ISP, dan error 691 artinya username/password ada yang salah ataupun akun expired (inactive) dan harus melakukan pembayaran.

 

Demikian artikel cara bypass koneksi modem HFC Biznet, semoga membatu 🙂

Advertisements

Author: admin@khsnndzf

Good People

5 thoughts on “Cara Bypass Koneksi Modem HFC Biznet”

  1. min kok saya tidak ada Bridge di Modem nya yak, kemaren pas pasang internet yang bypass si Mas2 nya yang Provisioning nya, terus pas saya cek di menu Wan cuma ada 3 addressing type yaitu DHCP, Static Address dan PPPoe address, dan saya pake sekarang PPPoe address, terus gimana kalo gini min? saya juga jadi bingung soalnya tidak ada Bridge nya

    Like

      1. iya min tidak ada, dan tampilan untuk Menu di routernya juga berbeda dari punya mimin, soalnya saya saya yang advance network juga tidak ada min , apakah Mungkin berbeda modem ya min? banyak sekali perbedaannya min dari Mimin Posting, dimana Menu QOS juga saya tidak punya

        Like

  2. min, kalo mau pake mikrotik Modem yang dari biznet memang harus di Bridge ya min? kalo gak ada bridge nya sama kaya modem ku gimana min? kalo gak salah pake Modem ew27 min, gak bisa di pakein Mikrotik berarti min?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s